Kenapa Oli Motor Bisa Jadi Putih Susu ? Apa Penyebabnya ?

Kenapa Oli Motor Bisa Jadi Putih Susu


Masbroo beberapa kali saya sering menemui masalah oli yang tiba-tiba berubah warna menjadi putih susu, sebagian orang mungkin sudah tahu apa penyebabnya. Namun, sebagian lagi belum tahu soal kondisi yang melatar belakanginya...

Penyebab utama dari oli berubah menjadi putih seperti susu adalah karena bercampurnya oli dengan air yang disebabkan faktor-faktor tidak menentu. Pertanyaannya dari mana air bisa masuk ?.

Ada dua kasus yang sering sekali terjadi pada oli putih ini. Yakni pada motor matic dan yang kedua adalah motor dengan radiator, dua motor dengan tipikal ini biasanya paling sering mengalami oli susu.

Pada motor matic misalnya, oli gardan sering sekali berubah warna menjadi susu karena adanya kebocoran air pada 'selang pernapasan cvt' yang letaknya ada dibelakang box filter udara.

Selang ini sering sekali disepelekan, bahkan tidak dianggap oleh owner kendaraan  karena ukurannya yang kecil dan tidak kelihatan. Namun, sebenarnya selang ini memiliki fungsi yang vital.

kebocoran air pada 'selang pernapasan cvt'


Karena menyalurkan udara ke gearbox pada motor agar tidak terlalu panas, dengan cara menyalurkan udara yang sumbernya via 'filter udara'. Jika ini hilang atau putus, maka air akan masuk ke gear box dan menyebabkan percampuran antara oli dan air terjadi.

Beda kasus kalau kita bicara untuk motor yang beradiator, biasanya kasus yang terjadi untuk motor dengan radiator adalah kebocoran pada paking dan juga seal yang membuat air radiator bercampur dengan oli didalam mesin.

Sering sekali, kasus ini merembet ke overheat mesin karena air radiator yang cepat sekali habis dalam waktu singkat, nah jadi hati-hati buat yang punya motor radiator. 

Satu kasus terakhir adalah karena kecerobohan pemilik motornya, yang nekat menerjang air banjir padahal sudah sangat tinggi kedalamannya dan menyebabkan air masuk ke dalam mesin dan menyebabkan oli berubah jadi putih kental seperti susu.

So masbroo, itulah beberapa penyebab oli motor bisa berubah jadi seperti susu yang akan membahayakan sepeda motor itu sendiri kalau terus dibiarkan. Jadi jangan disepelakan, dan segera bawa ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Nah buat panjenengan yang ingin tanya soal permekanikan motor bisa tuliskan di kolom komentar ya, saya akan mencoba menjawabnya, salam ngegass...