Operasi Zebra 2020 Resmi Digelar Hari Ini, Berikut 5 Prioritas Pelanggaran

Operasi Zebra 2020 Resmi Digelar


Masbroo hari Senin 26 Oktober 2020 ini resmi akan menjadi awal dari Operasi Zebra 2020 yang bakal digelar oleh Kepolisian Republik Indonesia sampai nanti tanggal 8 November 2020, total ada 5 prioritas pelanggaran yang bakal ditindak. Apa saja itu ?...

Operasi Zebra sendiri memang rutin digelar saben tahun untuk mengurangi kejahatan di jalanan dan juga kecelakaan lalu lintas yang di minimalisir. Pada tahun 2020 ini pun, Kepolisian tetap menggelar Operasi Zebra meski dalam kondisi Covid-19.

Pada Operasi Zebra 2020, pihak Kepolisian Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberikan 5 prioritas pelanggaran yang bakal langsung ditindak oleh anggotanya. 

Seperti pengendara melawan arus, pengendara tidak memakai helm, pelanggaran terhadap stop line, pelanggaran sirene dan rotator, pengendara melintas di bahu jalan, khususnya jalan tol.

Baca Juga : Hari Ini 2 Tahun Yang Lalu Sejarah Itu Dibuat

"Ini adalah pelanggaran tematik yang menjadi prioritas utama untuk Operasi Zebra Jaya 2020," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Pelanggaran-pelanggaran ini memang umum dikerjakan oleh para pengguna jalan, yang kadang bikin kesal para pengguna jalan yang tidak melanggar.

Kesan Operasi Zebra yang sering di identikan dengan tilang-menilang, kini akan diubah dengan menekankan pada tindakan preemtif dan preventif sebesar 40%. Dan untuk tilang hanya 20% saja.

"40 persen preemtif atau sifatnya edukasi, sosialisasi, 40 persen preventif atau pencegahan yang dilaksanakan dengan turjawali, yaitu pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli, dan 20 persen penindakan dengan tilang dan sebagainya,"...

Baca Juga : Pengalaman Menjajal Pertamax Untuk Jupiter Z

Meskipun begitu, jangan berani coba-coba melanggar lah masbroo. Karena tentu itu akan membahayakan diri kita sendiri dan juga orang lain, jangan mengaku bikers kalau masih sepenake dewe dijalanan.

Karena ini bakal digelar dalam kondisi Covid-19, maka penyelenggaraan akan dilakukan dengan tidak berkerumun seperti pada umumnya Operasi Zebra dilakukan. Kepolisian akan menempatkan satu atau dua anggotanya saja untuk melakukan operasi.

So masbroo, persiapkan segala kelengkapan berkendara sebelum berpergian, seperti SIM, STNK, helm, dan sekarang juga ada satu tambahan lagi yakni masker. Jangan lupakan perlengkapan diatas agar tidak menyesal nantinya. Ada komentar ?.

Sumber : CNN