Suara Mesin Yamaha Nmax Kasar ? Coba Cek Dulu Tensionernya

Tensioner


Bimocorner-suara kasar pada Yamaha Nmax seringkali membuat owner menjadi parno berlebihan, bayang-bayang duit keluar banyak sudah menghantui. Namun, sebetulnya tidak semua mesin kasar itu selalu yang rusak akibat Piston macet, bisa saja tensionernya yang rusak...

Jika seorang mekanik yang telah pengalaman di dunia perbengkelan, maka dia bisa merasakan kerusakan hanya dari jenis suara yang terjadi pada sepeda motor. Nah, suara yang ditimbulkan oleh kerusakan pada tensioner biasanya akan sangat kasar dan memekikan telinga.

Ada juga rasa-rasa suara rantai, karena tensioner sendiri memiliki fungsi untuk menekan rantai kamprat sesuai dengan standarnya atau jika kamprat sudah agak mengendor, tensioner dapat memaksimalkannya. Namun, beda cerita jika yang sudah aus adalah Tensioner itu sendiri.

Biasanya yang terjadi adalah rantai kamprat bergerak liar karena daya tekan tensioner yang tidak maksimal. Pada kasus Yamaha Nmax sering ditemukan suara kasar ini yang ternyata disebabkan oleh tensioner yang aus. 


Cara mengetahui apakah tensioner benar-benar rusak atau tidak adalah dengan mencopot tensioner dari tempatnya, lalu menekan tuas panjang di tensioner. Jika tensioner berbalik cepat, maka sudah dapat dipastikan bahwa tensioner aus.


Karena tensioner sendiri memiliki sistem 'per' yang kalau sudah aus, maka akan mengalami kendali gerakan yang sangat cepat. Inilah yang membuat suara mesin kasarnya bukan main, tapi tenang masbroo, karena harga Tensioner Yamaha Nmax tidaklah terlalu mahal.

Harga tensioner nmax


Kalau saya buka pada aplikasi parts catalogue Yamaha harganya kurang lebih Rp. 136.000, tentu harga ini jauh lebih murah ketimbang harus ganti piston dan juga cylinder. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa memberikan manfaat.