Apakah Helm MotoGP Dan Harian Sama ? Berikut Ini Penjelasan



Bimocorner-salah satu perlengkapan tempur yang tidak boleh ketinggalan oleh pembalap Moto GP adalah helm. Helm berfungsi sebagai pelindung kepala yang fungsinya sangat vital.

Dengan banyaknya regulasi yang telah tertulis pada kitab Moto GP, apakah membuat helm para pembalap Moto GP berbeda dengan helm yang umumnya kita gunakan di jalanan ?.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan antara helm standar dan helm Moto GP. Fungsional untuk masing-masing parts sama saja.

Yang menjadi pembeda hanyalah regulasi yang digunakan, kalau helm harian regulasinya ikut ECE, sementata untuk balap standarnya FIM. Ini seperti yang disampaikan oleh Mugiyono yang merupakan Racing Service Helm KYT dan Suomy.

"D Ring (pengunci dagu), padding (bantalan busa) sama. Beda standar aja. Kalau (helm) produksi (massal) itu standarnya ECE, kalau untuk balap itu standarnya FIM," kata Mugi dikutip dari detik.

"Secara fungsi sama. Spesifikasinya sama, cheek pad (busa pipi), crown (busa kepala), kaca sama, beda standar aja," tambahnya.

 Shopee 

Helm Moto GP pun juga sudah mulai dipasarkan secara umum, salah satunya adalah Suomy SR-GP dijual di kisaran Rp 8 jutaan. Dan sudah banyak dipasarkan di e-commerce.