Selentingan Repsol Cabut Dari MotoGP Semakin Kuat

Marc Marquez


Bimocorner-Saat ini, rumor tentang cabutnya Repsol dari MotoGP menjadi headline news di beberapa media luar. Menguatkan spekulasi berakhirnya kerja sama produsen energi asal Spanyol ini dengan Honda.

Perfoma ndak karuan Honda dalam kurun waktu tiga musim terakhir, terutama pasca cedera yang menyelimuti Marc Marquez pada musim 2020 sampai saat ini.

Sudah jarang juga melihat Honda berada di barisan depan, membuat Repsol juga semakin geram. Karena mereka tidak sedikit juga menggelontorkan dana untuk bisa menempelkan nama mereka di RC213V.

Alasan Lain Repsol

Tidak hanya perfoma Honda yang membuat selentingan tentang cabutnya Repsol dari MotoGP menguat. Kondisi internal perusahaan yang alami beberapa tantangan pun juga disinyalir menjadi alasan Repsol.

Sebagai informasi, Repsol memiliki pasar yang lebih kecil. Bahkan sebagai gambaran, Petronas punya 3 kali lipat pangsa pasar yang lebih besar dari Repsol.

Repsol juga harus menghadapi promosi pengalihan produsen mobil dari teknologi ICE ke EV, yang mana itu menekan profit dari Repsol.

Sosok Pengganti Repsol

Jika Repsol memutuskan untuk hengkang dari MotoGP, Honda memiliki opsi pengganti yang menarik. Mereka adalah Petronas, yang menjadi kompetitor Repsol sebagai perusahaan energi.

Artikel Terkait : Polemik Keputusan Biofuel Untuk MotoGP

Menariknya adalah, MotoGP pada tahun 2024 nanti akan menggunakan regulasi bahan bakar biofuel. Dan, sampai saat ini, baru Repsol yang menyatakan siap untuk memasok biofuel.