Kutukan 5 Tahun Honda Yang Dipecahkan Oleh Alex Rins

Alex Rins


Bimocorner-kemenangan mantan pembalap Suzuki, Alex Rins di MotoGP Amerika Serikat ternyata memiliki makna yang begitu besar bagi Honda.

Sebelum Alex Rins, Honda ternyata sudah puasa 5 tahun kemenangan dengan rider selain Marc Marquez. MotoGP mencatat bahwa Cal Cruthclow menjadi yang terakhir yang bisa menang dengan Motor Honda.

Tepatnya terjadi pada tahun 2018, Crutchlow yang saat itu masih berseragam LCR Honda berhasil meraih kemenangan di GP Argentina. Sebuah kemenangan yang manis.

Oh iya, jika didetailkan lamanya jarak kemenangan antara Cruthclow dengan Alex Rins terkesan lebih mencengangkan. Momen ini berjarak 1.834 hari yang lalu atau 5 tahun 9 hari.

Atau 89 balapan Grand Prix, di mana hanya Marquez yang merengkuh sukses untuk merek sayap emas, tepatnya 24 balapan: 9 untuk musim 2018, 12 musim 2019, dan 3 musim 2021.

Alex Rins sendiri mengaku bahwa ia memang menyukai Sirkuit Austin sejak lama. Maka tidak heran kalau perfomanya bisa memuaskan. Kemenangan Rins juga terbantu akibat crash yang dialami Bagnaia.