Apakah Membeli Motor Dengan Kredit Itu Menguntungkan ?

Kawasaki W175


Bimocorner-saat ini, ada banyak cara untuk membeli sepeda motor. Mulai dari membeli secara cash, kredit, jalur prestasi sekolah, sampai jalur merengek ke orang tua.

Namun pada kesempatan kali ini, kita akan fokus di pembelian secara kredit. Karena sistem ini, yang paling banyak digunakan untuk transaksi pembelian sepeda motor.

Diluar dari hukum islam, yang melarang transaksi ribawi. Konsep pembelian kredit ini, tidak lah worth it dengan perhitungan ekonomi.

Karena, rata-rata kenaikan pembelian secara kredit dari harga cash mencapai 10-40 persen. Tergantung dari dp dan tempo waktu kredit.

Semakin kecil dp, dan tempo waktu yang semakin panjang. Maka semakin tinggi pula kenaikan harga yang harus ditanggung pembeli.

Mungkin ada yang bilang, tapi kan ada inflasi, jadi wajar dong harga nya naik ?. Jika merujuk dari data inflasi di tanah air, rata-rata kenaikannya 4% per tahun. Sementara kalau kita mau ambil motor selama 3 tahun, kenaikan harganya bisa diatas 30 persen.

Sebenarnya ada opsi lain selain kredit, yakni dengan cara menabung emas. Sedikit kesabaran, maka kita bisa membeli motor impian dengan harga yang lebih terjangkau.