Yamaha Adakan Test Irit Fazzio 125 Ke Publik, Ada Yang Tembus 100 KM/Liter

 


Bimocorner-PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kembali mengadakan Sunmori Clan Of Classy (COC) pada Hari Minggu, 19 Mei 2024. Acara ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh Yamaha. Setelah sebelumnya sukses berlangsung di Jawa Tengah (4-5 Mei 2024).

COC sendiri berfokus untuk mengukur konsumsi bahan bakar Yamaha Fazzio 125, dan juga Grand Filano 125 dalam penggunaan sehari-hari. Beberapa blogger, youtuber, komunitas, konsumen dan juga jurnalis ikut serta dalam acara ini.


 

Clan Of Classy sendiri start dari Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta, dan melewati beberapa jalan Ibu Kota seperti Medan Merdeka, Jalan Jendral Sudirman, dan juga area Senayan, sebelum akhirnya finish di Tanatap Coffee yang ada di bilangan Matraman, Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebut, dua blogger roda dua yakni Ari Pitstop dan juga Iwan Banaran berhasil menjadi peserta paling irit. Ari Pitstop mencatatkan perolehan 102,8 km/liter. Sementara untuk Iwan Banaran mencatat angka 92,9 km/liter.

Iwan Banaran sendiri membagikan tips bagaimana dirinya bisa menekan konsumsi bahan bakar selama acara COC berlangsung. Dirinya mengungkapkan bahwa berkendara dalam mode ECO sangat membantu dalam memperirit bahan bakar. 


 

Penggunaan gas yang smooth juga menjadi poin penting, serta tidak lupa menghidupkan fitur start stop system (SSS) juga menjadi alasan kenapa konsumsi bahan bakarnya bisa ditekan cukup dalam.

“Asli cak…IWB bukan fokus banget berkendara kayak keong. Sebab secara umum IWB berkendara normal…hanya menggunakan gaya eco dimana saat ngegas dari stop bukaannya dikit banget agar injektor nggak semprot banyak. Yang kedua IWB aktikan SSS jadi saat berhenti dilampu merah mesin agar sleep dan digas pelan ketika lampu hijau. Yang ketiga IWB usahakan meminimize penggunaan rem, jadi hanya tutup gas alias mengandalkan momentum engine brake. Lalu yang terakhir speed rata-rata nggak lebih 40km/jam,” tulis Iwan Banaran dalam Blognya.