Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Oli Gardan Pada Motor Matic ?

 

oli-gardan-motor-matic

Bimocorner-Selain oli mesin yang perlu diganti secara berkala, motor matic juga mempunyai oli gardan yang sama-sama perlu diganti secara berkala seperti oli mesin. Sayangnya, banyak pengguna motor matic yang terkesan acuh dengan pergantian oli gardan ini.

Padahal, akibat dari terlambat mengganti oli gardan bisa berakibat cukup fatal pada motor matic. Dan biaya untuk perbaikannya juga tidak murah. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk ganti oli gardan ?.

Oli gardan sendiri memiliki fungsi untuk melumasi komponen-komponen didalam gardan (sebuah komponen yang berfungsi menyalurkan tenaga dari cvt ke roda belakang).

Jika terlambat mengganti oli gardan, maka komponen-komponen didalam gardan akan bergesekan tanpa pelumas. Sehingga cepat aus dan rusak.

Komponen gardan ini, memiliki harga yang tidak murah. Untuk satu set komponen gardan, harganya bisa diatas 1-2 jutaan rupiah (tergantung kepada jenis motornya).

Oli Gardan sendiri perlu diganti setiap kelipatan 6.000 km, atau dua kali ganti oli mesin. Harga oli gardan juga tidak mahal, hanya 15-25 ribuan saja. Jadi jangan lupa untuk ganti oli gardan ya.