Kebiasaan Buruk Ini ! Dapat Membuat Rem Motor Matic Blong

 
motor matic rem blong

 
Bimocorner-berbeda dengan motor bebek dan juga sports, engine brake pada motor matic sangat minim sekali kinerjanya. Sehingga mau tidak mau, pengendara hanya akan mengandalkan rem depan dan rem belakang untuk mengurangi kecepatan.

Dan sudah banyak kasus rem blong saat turunan yang melibatkan motor matic. Agar meminimalisir kasus rem blong pada motor matic, saya akan membagikan beberapa tips untuk anda.

Jangan Dibiasakan Jari Berada Dituas Rem

Kebiasaan kita menaruh jari dituas rem, secara tidak langsung membuat kampas rem bekerja meskipun jalanan tidak dalam keadaan menurun ataupun keadaan lain yang memang memerlukan kerja rem. Sehingga, rem akan menjadi panas.

Bergantian Menggunakan Rem

Ketika menemui jalanan menurun, usahakan jangan panik dan tetap mengontrol penggunaan rem secara bergantian. Hal ini berfungsi untuk memberikan udara pada rem secara bergantian, sehingga tidak terjadi panas berlebih pada rem.

Perhatikan Kualitas Komponen Rem

Jangan membeli kampas rem murahan yang memiliki bahan keras dan mudah panas. Meskipun hemat di kantong, namun kampas imitasi akan mudah blong ketimbang kampas asli yang memang memiliki harga cukup tinggi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir rem blong pada motor matic, jika anda memiliki saran atau pengalaman lainnya, coba share dikolom komentar.