Marc Marquez Mendapatkan Pinalti 16 Detik, Gresini Tidak Terima !

 

marc-marquez

Bimocorner-FIM Stewards memutuskan untuk memberikan pinalti 16 detik kepada Marc Marquez setelah dinilai melanggar aturan tekanan ban di Moto GP (minimum 1,8 bar di depan selama 60% race). Keputusan ini, mendapatkan penolakan dari Gresini yang menilai FIM Stewards kurang adil.

Menurut Gresini, alasan Marquez tidak bisa mempertahankan tekanan bannya adalah karena agressifitas dari Enea Bastianini yang membuat Marquez harus melebar lintasan. Meski telah coba disampaikan ke pihak FIM Stewards.

Namun mereka menolak alasan yang disampaikan pihak Gresini dan Marc Marquez. “Kami hanya turun 0,01 bar dalam 1 lap, namun kami memiliki data untuk memahami mengapa angkanya lebih rendah dari yang seharusnya. Salah satu hal hebat yang bisa dilihat dalam race MotoGP adalah jika seorang pebalap keluar (trek) dan kemudian kembali didepan…

Frankie Carchedi

… Tapi itu masa itu berakhir sebab sekarang Apa yang terjadi adalah jika seseorang mengalami benturan atau keluar jalur, mereka akan mendapatkan masalah dengan tekanan ban. Padahal mungkin mereka bisa menjalani balapan paling menakjubkan yang pernah ada, melewati semua pembalap dan kemudian kalian pada akhirnya mendiskualifikasi mereka??,” kata Kepala kru Marquez Frankie Carchedi.

Dengan pinalti ini, Marc Marquez tidak jadi finish di posisi ke-4, melainkan harus turun 6 peringkat ke posisi – 10.