Yamaha MT-09 Resmi Mengimplementasikan Teknologi Y-AMT

 

yamaha-mt-09-y-amt

Bimocorner-Kurang lebih satu bulan yang lalu, Yamaha memperkenalkan sebuah teknologi Y-AMT. Yang merupakan teknologi kopling manual dengan rasa matic.

Y-AMT sendiri adalah sebuah teknologi transmisi yang perpindahan giginya menggunakan bantuan motor listrik. Sehingga, tidak diperlukan lagi, pedal kopling di kaki.

Seluruh mekanisme kerja pergantian giginya menggunakan holder di kiri dan juga kanan. Yang membuat pengguna akan lebih fokus dalam berkendara.


Cara kerja Y-AMT ini ada dua yakni tipe Manual Transmisi (MT) dan juga Automatic Transmisi (AT). Dimana, untuk memindahkannya, bisa menggunakan tombol di holder kanan.



Untuk mode AT, terdapat dua jenis transmisi. Yakni D dan juga D+. dimana, untuk D, digunakan disaat motor berjalan pelan (seperti diperkotaan). Sementara D+, digunakan untuk kecepatan tinggi (seperti perjalanan luar kota atau touring).



Sementara untuk  tipe MT, perpindahan giginya sama seperti ketika kita menggunakan motor bebek. Namun, bedanya kalau di motor bebek, kita akan menggunakan kaki untuk mengganti gigi. Sementara di sini, kita akan menggunakan tombol di holder kiri.