Akal Bulus Liberty Media Dalam Akusisi MotoGP

 

liberty-media-motogp

Bimocorner-proses akusisi Dorna Sports ke Libery Media. Sudah memasuki tahap pemeriksaan monopoli dagang dari KPPU Eropa. Jika nantinya, hasil pemeriksaan menyatakan bahwa tidak ada unsur monopoli disana, maka otomatis, Moto GP akan ada dibawah naungan Liberty Media.

Dan baru-baru ini, Liberty Media mengeluarkan sebuah siaran pers yang menyatakan bahwa pihaknya menawarkan kurang lebih 10 juta lembar saham Formula 1 dengan harga $77,50 per lembar.

Liberty Media Corporation hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menetapkan harga penawaran umum 10.650.000 saham Seri C Liberty Formula One Common Stock (“FWONK”) dengan harga $77,50 per saham. Liberty Media juga memberikan kepada penjamin emisi penawaran tersebut opsi untuk membeli tambahan 1,597,500 saham FWONK,” isi siaran pers Liberty Media.

Liberty Media mengatakan bahwa hasil penjualan saham tersebut, akan digunakan untuk tambahan modal akusisi Dorna Sports.

Liberty Media bermaksud untuk menggunakan opsi untuk memberikan uang tunai tambahan sebagai pengganti saham FWONK sebagai bagian dari rencana akuisisi Dorna Sports, S.L. yang telah diungkapkan sebelumnya, sehingga semua imbalan yang dibayarkan akan berupa uang tunai dan tidak ada saham FWONK yang akan diterbitkan untuk kepentingan tersebut.

Namun sebenarnya, selain alasan yang telah dikemukakan oleh Liberty Media. Menurut TMCBlog, Ada unsur lain yang sebenarnya menjadi tujuan dari usaha penjualan saham Formula 1 oleh Liberty Media. Yakni, untuk mengakali ‘mekanisme  anti monopoli’ dari KPPU Eropa.

Selain Alasan yang telah dikemukakan jelas Oleh Liberty Media yakni Untuk mempersiapkan Uang guna pembelian Saham Dorna Sport, Namun beberapa Kalangan menilai ini hanya sebagai Strategi cerdas berupa manuver keuangan yang dapat menghapus atau setidaknya mengurangi semua keraguan mengenai kemungkinan serangan oleh otoritas antimonopoli eropa.” Tulis TMCBlog.