Apa Fungsi Jok Lebar Yamaha M1 Milik Quartararo ?

 

fabio-quartararo

Bimocorner-keputusan Yamaha untuk merekrut Mantan Chief Aerodinamika Ducati, Massimo Bartolini, mulai membuahkan hasil yang positif. Kini, YZR-M1 telah mengalami kenaikan perfoma yang lebih baik. Setidaknya, update yang mereka lakukan lebih baik ketimbang RC213V.

Para Pembalap Yamaha mengaku mengalami perubahan yang lebih halus dibagian mesin. Dengan perkembangan aerodinamis yang membuat catatan waktu Yamaha lebih baik. Dan kini, mereka mencoba melakukan update untuk komponen-komponen kecil, seperti jok yang dibuat lebih lebar.

Menurut analisa yang saya baca dari Tmcblog, diketahui bahwa desain jok lebar ini. Dilandasi atas cedera lengan yang dialami Quartararo karena motornya yang terlalu berat. Munculah sebuah ide untuk membuat jok yang lebih lebar.

yzr-m1

Jok lebar ini difungsikan untuk memposisikan kaki dari Quartararo lebih melebar. Sehingga berat motor tidak akan berpusat di lengan Quartararo. Melainkan bertumpu ke badannya. Selain mengakomodir berat motor, jok lebar ini juga membuat tubuh pembalap akan lebih kedepan, sehingga tidak mudah melorot.

Hasil update jok lebar yang dilakukan oleh Yamaha, disukai oleh Quartararo. Hal ini, terbukti dengan digunakannya model jok lebar sejak Moto GP Jerman.