Cerita Marc Marquez Tentang Masalah Yang Dialami di Awal Race MotoGP Austria 2024

motogp-austria-2024


Bimocorner-Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez mengalami masalah saat awal balapan Moto GP Austria 2024. Yang membuatnya harus melebar, dan turun ke posisi 13. 


Dalam klarifikasinya setelah balapan, Marquez menceritakan masalah yang dia alami bersumber pada dop ban. Yang memaksa teknisinya segera menemui pihak Michellin untuk ganti ban.


Akibat pergantian dadakan tersebut, membuat suhu ban Marquez mengalami penurunan yang sangat tajam. Dan, fokus Marquez lebih ke suhu ban motornya. Yang membuat dia tidak mengantisipasi kegagalan sistem pada holeshot GP23 miliknya.


“Ketika para mekanik akan memasang ban, mereka memeriksa tekanannya dan ada katup yang rusak. Mereka harus segera pergi ke Michelin, mengganti larangan dari satu pelek ke pelek lain dan kehilangan suhu pada karetnya….


…Pilihan utamanya adalah mengganti ban jika mereka tidak punya waktu, tetapi mereka punya waktu dan kami lebih memilih untuk keluar dengan ban tersebut meskipun tidak pada suhu yang tepat….


…Di grid, mereka mengatakan kepada saya untuk berhati-hati di putaran pemanasan, untuk mendapatkan suhu ban yang tepat. Saya lebih fokus pada hal itu daripada apa yang harus kami lakukan sekarang dan saya tidak memasang perangkat start dengan benar….


…Di jalur lurus terakhir saya mengerem dan memutar perangkat depan dengan baik, tapi kemudian saya mengerem lagi dan (perangkat itu) terlepas. Kemudian, saya tidak memiliki kecepatan yang cukup. Tanpa perangkat depan, sulit untuk memulai dengan baik,” kata Marquez.


Beruntung bagi Marquez, meski sempat mengalami kendala di awal balapan. Marquez tetap bisa tampil baik, dan berhasil mengunci posisi ke-4.