Apakah Motor Honda Boleh Menggunakan Oli Yamaha ?

 

ganti-oli-mesin-motor

Bimocorner-saat ini, setiap pabrikan sepeda motor memiliki oli merek mereka sendiri. Seperti Honda yang memiliki oli merek MPX, atau Yamaha dengan Yamalubenya.

Muncul sebuah pertanyaan, apakah Motor Honda boleh menggunakan Oli Yamaha ? dan begitu juga sebaliknya, Motor Yamaha menggunakan Oli Honda ?.

Yosef dari Parts Sales Departemen PT Astra Honda Motor (AHM) yang bertugas mengurusi AHM Oil mengatakan bahwa oli merupakan produk generik.

Artinya, Oli Mesin bisa digunakan di motor manapun. Meskipun, sebenarnya, setiap merek oli pabrikan sudah diformulasikan khusus untuk produk motor mereka.

"Oli itu adalah produk yang bersifat generik, sehingga sebenarnya bisa dipakai oleh motor merek apa saja," kata Yosef. Posisi oli seperti halnya dengan ban, dan juga aki. Mau merek apapun, asalkan memiliki spesifikasi sama, maka bisa digunakan.

Untuk oli mesin sendiri, patokannya ada pada jenis oli mesinnya (ada untuk oli kopling manual dan juga oli khusus matic). Selain jenisnya yang berbeda, oli mesin juga memiliki tingkat kekentalan yang biasa divisualkan dengan SAE.

Untuk setiap motor, ada ketentuan sendiri-sendiri tentang SAE. Jadi ini perlu diperhatikan.